Mengenal Honda CB 100 Dilan, Motor Jadul Tapi Tangguh

Mengenal Honda CB 100 Dilan – Film Dilan, pastinya kalian semua sudah tau dengan film romantis yang satu ini. Ya, film yang memasangkan aktor tampan Iqbal Ramadhan dan aktris cantik Vanessa Prescilla ini memang sangat fenomenal. Keduanya berhasil membawakan peran masing-masing dengan apik.

Tidak hanya dibuat terpana dengan kecocokan mereka saat memerankan karakter Dilan dan Milea, ternyata tidak sedikit dari penonton yang dibuat salfok atau salah fokus dengan kuda besi yang ditunggangi oleh Iqbal di film tersebut.

Honda CB 100 Diilan
                       image by https://www.bukalapak.com/products/s/cb-k2-original

Ternyata motor yang dikendarai oleh Iqbal saat itu termasuk motor antik lho guys. Ya, motor tersebut adalah Honda CB100 yang sangat legendaris. Dan di kesempatan kali ini kami akan mengajak anda semua untuk mengenal Honda CB100 Dilan. Kira-kira seperti apa ya penampakan dari motor tua satu ini?

Ya, CB100 adalah salah satu motor tua yang di produksi oleh PT. Federal Motor pada tahun 1970. Seiring dengan berjalannya waktu nama PT tersebut kini dirubah menjadi PT. Astra Honda Motor.
Motor CB100 ini memiliki tampilan yang klasik dan elegan. Ditambah ukurannya yang tidak terlalu besal alias ramping juga membuat kuda besi tersebut terlihat semakin keren.

Meski usianya sudah puluhan tahun, namun apabila disandingkan dengan motor keren masa kini seperti motor tangki milik Yamaha, Suzuki, hingga Kawasaki pesona yang dimiliki oleh Honda CB100 tidak pernah luntur. Semakin kesini harga jual motor klasik tersebut semakin mahal dan pastinya sangat sulit untuk mendapatkan motor CB100 dengan kondisi orisinil.

Motor CB100 Dilan ini adalah motor yang menggunakan mesin 99cc. walau begitu pergerakan motor ini sangatlah lincah bahkan soal bahan bakarnya juga tergolong sangat irit. Honda CB100 sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, dan generasi terakhir di produksi pada tahun 1985.

Bisa dikatakan jika dengan kemunculannya CB100 ini menjadi kesuksesan besar yang pernah diraih oleh pihak Honda. Hingga saat ini motor CB khususnya CB100 masih banyak diincar oleh para kolektor dalam ataupun luar negeri.

Selama ini memang banyak orang yang ingin mengenal Honda CB100 Dilan lebih jauh. Salah satunya dalam hal spesifikasi yang dimiliknya. Apabila dibandingkan dengan motor masa kini, tampilan CB100 memang terlihat klasik selain itu untuk komponen mesinnyapun juga sangatlah berbeda jauh.

Motor Honda CB100 ini hanya menggunakan mesin 4 tak 1 silinder dengan sistem pembakaran Platina dan hanya mampu berjalan dengan kecepatan maksimal 110 km/h. Sementara untuk motor tangki sjaman sekarang semuanya sudah menggunakan teknologi Fuel Injection.

Disamping itu suaranya pun juga terdengar lebih halus dan juga ramah lingkungan. Bicara soal desain luar dan komponen didalamnya CB100 bisa dikatakan tertinggal jauh. Akan tetapi saat ini juga banyak motor CB100 yang memiliki kekuatan setara dengan motor tersebut. Hal tersebut tidak lain dikarenakan hasil modifikasi yang berhasil.

Motor Honda CB100 memang memiliki daya tarik tersendiri, desainnya yang klasik dan bodi ramping membuat siapapun merasa kagum dengan motor tua satu ini. Bahkan seseorang pun rela merogoh kantung dalam hanya untuk mendapatkan motor tersebut.

Bicara soal harga jual, meski sudah berpuluh-puluh tahun usianya akan tetapi harga jual CB100 terbilang masih sangat tinggi. Apalagi jika kondisinya masih orisinil.
Melihat kepopuleran yang dimiliki oleh Honda CB100 siapa sangka jika motor antik ini sempat mengalami penurunan harga bahkan dianggap sebagai barang rongsokan lho guys.

Ya, insiden turunnya harga jual motor CB100 ini terjadi pada awal tahun 2000-an. Dimana pada saat itu, motor Honda CB100 dijual dengan harga dibawah 1 juta rupiah. Namun semakin kesini harga jual motor tersebut kian melonjak.

Disamping penggunaan mesin 4 tak 1 silinder dengan kapasitas mesin 99cc, ternyata motor milik Honda ini juga mampu menghasilkan tenaga hingga 11,5 horsepower yang berhasil didapatkan pada putran mesin sebanyak 10.500 rpm percepatan. Supaya kinerja motor tua ini terasa semakin anteng tak lupa Honda juga mengkombinasikannya dengan transmisi manual 5 percepatan.

Baca Juga Varian Motor CB Yang Beredar di Indonesia 

Walaupun kapasitas mesinnya terbilang lumayan kecil akan tetapi hal tersebut sama sekali tidak memberikan pengaruh buruk pada tenaganya. Hal tersebut berhasil dibuktikan oleh si CB100 ini melalui kecepatan yang berhasil ditempuhnya hingga 110km/jam.

Kelincahan dan kegesitan tersebut pastinya tidak jauh dari keberadaan mekanisme mesin OHC yang berukuran Bore 50,5 mm dan Stroke 49,5 mm. sedangkan untuk rasi kompresinya memiliki ukuran sebesar 9,5:1. Untuk menjaga agar suhu mesin tetap stabil, motor Honda CB100 ini juga sudah memiliki sistem pendingin udara didalamnya.

Mengenal Honda CB100 Dilan lebih jauh, salah satunya soal kekurangan dan kelebihan yang dimilikinya. Seperti halnya manusia, motor Honda CB100 ini juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah :

  • Masih menggunakan rem jenis tromol
  • Sparepart original yang sudah sulit didapatkan
  • Sistem kelistrikan yang sering kali bermasalah atau trouble

Disamping kekurangan yang dimilikinya, ternyata ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Honda CB100 Dilan ini. Diantaranya :

  • Mudah untuk dimodifikasi
  • Sparepart ori dapat digantikan dengan replicas
  • Spesifikasi garang karena mampu meraih top speed yang tergolong tinggi
  • Mudah untuk diajak bermanufer
  • Memiliki tampilan yang ramping, klasik dan keren
  • Harga jualnya yang tinggi

Nah itu tadi adalah beberapa hal dalam Mengenal Honda CB 100 Dilan. Bagaimana sangat menarik bukan? Saat ini Motor CB100 atau CB Gelatik ini sudah tidak di produksi lagi, jika kamu berminat untuk memilikinya kamu bisa membeli dalam kondisi bekas. Sementara untuk harganya juga beragam, tergantung kondisi dari motor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *