Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100

Touring secara umum adalah kegiatan berpergian kesuatu tempat atau melakukan suatu perjalanan entah menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat, bahkan ada juga yang hanya dengan berjalan kaki, dan di blog ini kita akan membahas mengenai touring menggunakan sepeda motor khususnya motor honda cb 100, dan untuk itu kami akan sharing Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100.

Secara umum terdapat hal – hal yang harus dipersiakan untuk mendukung aktifitas tersebut,agar sekiranya seluruh agenda kegiatan bisa berjalan dengan baik, entah itu solo touring atau berombongan, karena akan menempuh perjalanan yang cukup jauh mungkin 100 km, maka harus mempersiapkan segala hal didalamnya yang mana itu antara lain.

Persiapan dari sisi kendaraan motor yang akan digunakan.

1. Kesiapan mesin, dan body motor.
Sebelum melakukan perjalanan jauh ada baiknya motor di cek terlebih dahulu, dimulai dari kondisi mesin motor, kalau belum ganti oli mesin maka segeralah mengganti dengan oli yang yang cocok dengan motor, setelah bagian pelumasan mesin dirasa sudah ok, cobalah berpindah ke mesin itu sendiri, dengan mencek suara mesin, apakah ada yang aneh dari suaranya atau jika ada yang harus diganti terlebih dahulu beberapa spart misalnya busi pembakaranya, pergantian rantai kecil, dan lain – lain

Kondisi motor yang prima adalah syarat wajib Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100, apalagi kita semua tau bahwa motor honda cb 100 tergoloang motor tua, maka butuh ekstra dalam memperhatikannya. Setelah bagian mesin selesai, coba berpindah ke bagian body dan kaki -kaki motor, cek kondisi ban luar motor, masih bagus atau tidak, tekanan udara dan ban juga bagian dari pemeriksaan tersebut, periksa rangka motor bagian luar, apakah ada yang tidak beres misalnya baut2-baut pengikat, baut dudukan mesin, standar motor, sistem peredam kejut, tangki motot bocor atau tidak, jok motor terpasang dengan baik atau tidak dan lain – lain.

2. Kelistrikan motor.
Bagian ini adalah bagian yang sangat penting, banyak para rider yang terlalu meremehkan, hingga akhirnya mereka menemui kendala saat melakukan perjalanan, seperti tiba – tiba motor mogok mendadak karena sistem pembakarannya rusak, karena perlu di ketahui semua bahwa sistem pembakaran pada kendaraan bermotor berawal dari aliran listrik yang di induksi di alat bernama busi yang akan memercikan bunga api di dapur pembakaran hingga akhirnya melahirkan tenaga, jika sistem ini tidak baik, sampai patah pinggang karena menstater motor, motor tak akan bisa bunyi, apalagi kita semua tau untuk kelas honda cb 100 sistem pengapiannya ,masih menggunakan platina, dan platina untuk sekarang ini sudah tidak produksi, maka perlu untuk migrasi sistem pengapian menggunakan sistem cdi, maka rubah dulu motor anda dari penggunaan platina menjadi penggunaan cdi.

Setelah masalah pengapian beres pindah ke bagian penerangan motor dan klakson, pastikan semua lampu motor menyala, saklar juga pastikan berfungsi dengan baik, weser depan dan kanan juga, sedikit tambahan cek koneksifitas rem dengan lampu rem yang ada dibagian belakang.

3. Aksesoris motor
Untuk menambak keseruan dalam aksi touring, kadang beberapa rider menambahkan beberapa aksesoris pendukung seperti, tambahan lampu sorot, klakson custom hingga ada yang memasang pemutar mp3 di motornya. Sejatinya perangkat-perangkat itu tidak perlu, hanya saja ketika memasangnya harus di pikirkan juga beban listrik di motor, nanti aki bisa cepat droup.

Termasuk juga kedalam aksesoris motor adalah penggunaan enggine guard, sidebag atau sideboks, perangkat terakhir saya sebut itu seperti perangkat wajib yang harus disediakan oleh rider sebelum melakukan touring, selain menambah elegant tampilan motor, juga bisa memberi ruang simpan yang banyak dan luas, pilihlah sidebag atau sideboks yang cocok dengan kontur body motor cb anda dan juga tentu saja disesuaikan dengan keuangan, dengan penggunaan sidebag atau sideboks kamu tak perlu repot membawa tas yang bisa memberatkan dan menyiksa badan saat mengendarai motor.

Setelah dibagian motor sudah tidak ada lagi masalah, kamu bisa lanjut dengan Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100 dari sisi rider.

Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan.

1. Rencana yang baik.
Selalu berpikir positif bahwa agenda touring kami ini adalah untuk hal-hal yang baik, bersilaturahmi ke teman, menikmati alam, serta menghilangkan stress, bukan ke hal yang negatif dan lain sebagainya, dengan begitu saat touring kamu akan enjoy nantinya.

2. Persiapkan kesehatan mu
lakukanlah touring jika kondisi kesehatan memang sedang baik, kalau sakit jangan coba-coba ikut touring, selain akan merepotkan diri mu sendiri nanti, kamu juga akan merepotkan teman mu jika kegiatan touringnya itu rombongan, jadi sebelum berangkat ada baiknya kamu cek kesehatan dulu.

3. Persiapakan bekal untuk perjalanan
Terdiri dari beberapa lembar pakaian ganti, obat2 an, juga beberapa macam peralatan pendukung lainnya misalnya tenda, tikar, alat masak darurat, bahan2 makanan juga tak lupa tool kit untuk motor anda, paling tidak jika kerusakan nya kecil, bisa di perbaiki secara darurat, dan jangan lupa dengan pakaian yang akan di kenakan, setidaknya harus standar safety mengendari motor untuk jarak jauh, seperti jaket untuk touring sepatu dan kaos tangan.

4. Siapkan uang cash.
Ini sangat penting sekali, berangkat touring tanpa persiapan dana cash sama saja bohong, kalau rombongan kamu masih bisa pinjam ke teman tapi bagaimana kalau sendiri, kan epot jadinya.

Demikianlah rincian Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100, semoga membantu anda

Salam satu aspal

Sejarah Motor Honda CB 100 diIndonesia

Sejarah Motor Honda CB 100 diIndonesia – Motor Honda CB 100,  pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kendaraan jadul yang satu ini. Walaupun semakin hari perusahaan kendaraan bermotor di dunia gencar meluncurkan produk terbaru dan terbaiknya.

Dimana kendaraan tersebut sudah memiliki desain stylish dan mesin berkualitas. Meski pemasaran kendaraan bermotor terus meningkat dari waktu ke waktu, namun nyatanya hal tersebut sama sekali tidak mempengaruhi keberadaan motor jadul seperti Honda CB 100. Sejarah motor Honda CB 100 di Indonesia sendiri memang cukup menyita perhatian.

Selain bodinya yang terkesan ramping, motor Honda CB 100 juga terlihat klasik. Bahkan jika disejajarkan dengan kendaraan bermotor edisi terbaru dari Kawasaki, Yamaha, Honda dan lain sebagainyapun jua masih eksis.

Memang peminat motor Honda CB 100 di Indonesia khususnya terus mengalami peningkatan. Tidak hanya orang dewasa bahkan kawula mudapun juga banyak yang tertarik dengan kendaraan tersebut. Melihat sejarah motor Honda CB 100 di Indonesia sendiri, rupanya kendaraan tersebut memiliki seri yang beragam. Tidak hanya itu bahkan variannyapun juga beragam.

Eksistensi dari Honda CB 100 ini sendiri sudah mulai terpancar sejatk tahun 70-an hingga saat ini. Saat itu, Honda CB 100 hadir dengan 6 varian diantaranya Honda CB 100 KO, CB 100 K1, CB 100 K2, CB 100 K3, CB 100 K4 sampai dengan CB 100 K5. Konon katanya, sepeda motor CB 100 pertama kali diimpor oleh PT Federal Motor (atau PT.Astra Honda Motor) pada tahun 1971 dengan nama Honda K1.

Kehadiran motor Honda CB 100 K1 ini tidak lain adalah untuk meneruskan perjalanan dari Honda S90Z yang di tahun 70-an sangat laris. Honda S90Z merupakan sepeda motor yang pertama kali dimiliki oleh PT. Astra Honda Motor. Pada saat itu, sepeda motor ini ditopang dengan isi silinder berkapasitas 90 cc. Produksi yang dilakukan oleh PT.Astra Honda Motor ini sendiri sebenarnya hanyalah merakit. Jadi sekluruh komponen bodi motor sampai spesifikasi dalamnya di impor dari Jepang dalam bentuk Completely Knock Down atau CKD yang kemudian dirakit di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan kendaraan Honda masa kini dengan masa dulu sangatlah berbeda jauh. Salah satunya dalam hal mesin, dimana kendaraan Honda dijaman dulu memiliki kualitas yang jauh lebih bagus.

Sehingga pihak pemerintah melakukan lokalisasi komponen otomatis untuk memberikan dukungan kepada PT. Federal Motor atau yang kini namanya menjadi PT. Astra Honda Motor untuk memproduksi sendiri mesin sepada motornya. Dari situ PT tersebut bekerja sama dengan beberapa anak perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut :

Tahun 1974 pihak PT. Honda Federal memproduksi sendiri komponen ringan seperti klnalpot, rangka, roda dan lain sebagainya.
Tahun 1979 pihak dari PT. Showa Manufacturing Indonesia mendapatkan tugas untuk memproduksi peredam kejut.
Tahun 1984 PT. Honda Antrsa Engine Manufacturing bertugas untuk memproduksi mesin sepeda motor
Tahun 1990 PT. Federal Izumi Manufacturing mendapatkan tugas untuk memproduksi bagian piston.

Sebagai salah satu pabrik sepeda motor terbesar kala itu Honda nampak gencar memproduksi motor CB dengan brbagai type. Namun sayangnya tidak semua type bisa ditemui di setiap negara. Salah satunya Indonesia yang hanya kebagian 4 type yaitu Honda CB100, CB125, CB175 dan CB200. Untuk tiga type terakhir yang kami sebutkan tadi sudah dilengkapi dengan silinder ganda, sedangkan untuk CB 100 dan CB125 masih menggunakan silinder tunggal.

Meski demikian CB100 dan CB125 menjadi type yang banyak diminati hingga saat ini. Hal tersebut dikarenakan cara perawatannya yang mudah, fleksibel ditambah harganya yang cenderung lebih murah. Sejarah motor Honda CB100 di Indonesia dilanjutkan pada tahun 1971, dimana pada tahun tersebut HondaCB100 K1 baru memasuki babak awalnya di Indonesia.

Kemudian pada tahun 1972 disusul oleh CB100 K2. Tidak membutuhkan waktu lama bagi Honda untuk memasarkan sepeda motornya itu, dalam kurun waktu sekitar 10 tahun dari mulai tahun 1971 s/d 1981 Honda berhasil menjual Honda CB di Indonesia sebanyak 600 ribu unit.

Walau tergolong sebagai motor jadul, namun rupanya Honda CB 100 masih memiliki banyak peminat hingga saat ini. Bahkan saat ini juga banyak club motor CB, dimana semua anggotanya menunggangi kuda besi tersebut yang sudah dimofikasi dengan bagus. Ketertarikan terhadap motor Honda CB100, pastinya tidak lepas dari modelnya yang lebih ramping dan enak dilihat. Selain itu bentuk tangi bulat, tenaga yang lumayan serta nyaman saat dikendarai juga menjadi nilai plus bagi kendaraan roda dua ini.

Untuk harga, pastinya antara jaman dahulu dengan sekarang sangatlah berbeda jauh. Saat ini 1 unit Honda CB100 berkondisi bagus harganya sangatlah mahal, ditambah lagi jika kendaraan tersebut memiliki banyak aksesoris original pastinya akan membuat harganya semakin tinggi lagi.

Nah itu tadi adalah informasi tentang Sejarah Motor Honda CB 100 diIndonesia.

Semoga informasi tadi bermanfaat terima kasih.

Jenis Motor Honda CB100 Yang Beredar

Jenis Motor Honda CB100 Yang Beredar – Jenis-jenis motor Honda CB100 memang ada banyak sekali. Bahkan masing-masing jenis juga memiliki ciri khas tersendiri. Bicara soal motor klasik, memang tidak ada habisnya ya sob. Ya, meski kita hidup di jaman modern namun rupanya tidak sedikit dari kita yang suka dengan motor klasik. Bahkan ada juga yang memiliki hobi koleksi motor klasik.

Salah satu motor klasik yang masik eksis hingga saat ini adalah motor Honda CB. Bentuk tangkinya yang mungil, bodi ramping dan stylish menjadi daya tarik dari motor tua ini.

Honda CB yang ada di Indonesia sendiri terapat 4 jenis yaitu CB100,CB125,CB175 dan CB200. Dari keempat jenis tadi Honda CB100 lah yang paling banyak dilirik oleh para kolektor.
Bicara soal Honda CB100 nih ya, kali ini kami akan berbagai infomasi menarik seputar jenis-jenis motor Honda CB100 yang ada di Indonesia . Check this out

CB 100-K0
Jenis-jenis motor Honda CB100 yang pertama adalah CB 100-K0. Kendaraan tersebut merupakan jenis pertama yang dibuat tahun 1970-1971. Sejak awal kemunculannya motor jadul ini memang sudah menyita perhatian masyarakat Indonesia.
Hal ini dikarenakan CB100-K0 hadir dengan mesin 4 tak 1 silinder. Dengan mesin tersebut, membuat motor ini mampu mengeluarkan tenaga 11.5 HP dengan kecepatan maksimal 110km.
Kompresi : 9,5:1
Power : 11,5 HP @10.500 RPM
Bore x Stroke : 50,5 x 49×5 mm
Rem : Depan : Tromol, Belakang : Tromol

CB100-K1
Menyusul kesuksesan dari CB100-K0, pihak Honda kembali merilis jenis terbaru pada tahun 1971 yaitu CB100-K1. Dari segi desain, CBK1 hadir dengan tampilan yang lebih gagah. Apalagi bagian jok sudah menggunakan list chrome.
Sementara pada tangkinya dominan warna biru dan putih. Sama halnya dengan CB100-K0, motor antik ini juga masih mengandalkan kekuatan dari mesin 4 tak dengan 1 silinder dan memiliki kapasitas mesin sebesar 99cc.
Kompresi : 9,5:1
Power : 11,5 HP @10.500 RPM
Bore x Stroke : 50,5 x 49×5 mm
Rem : – Depan : Tromol, Belakang : Tromol

CB 100-K2
Jenis-jenis motor Honda CB100 berikutnya ada CB 100-K2. Jika CB100-K1 lebih dominan ke warna biru daripada putih, untuk CB100-K2 rupanya kebalikannya. Dimana warna motor tersebut dominan putih daripada warna biru.
Bodinya yang simpel, membuat motor ini mudah sekali dimodifikasi. Jika dilihat secara seksama motor CB100-K2ini persis seperti yang digunakan oleh Iqbal Ramadhan dalam film Dilan.
Kompresi : 9,5:1
Power : 11,5 HP @10.500 RPM
Bore x Stroke : 50,5 x 49×5 mm
Rem : – Depan : Tromol, Belakang : Tromol

CB100-K3
CB100-K3 menjadi generasi keempat dari CB100. Meski sama-sama memiliki desain cekli, soal warna CB100-K3 memiliki warna khas yang unik. Dimana Honda masih menggunakan warna merah sebagai dominannya.
Kemudian pada bagian tangki dipadukan dengan warna kuning dan hitam. CB100-K3 hadir dengan mesin 4 tak 1 silinder dengan kecepatan maksimal 110 km.
Kompresi : 9,5:1
Power : 11,5 HP @10.500 RPM
Bore x Stroke : 50,5 x 49×5 mm
Rem : – Depan : Tromol, Belakang : Tromol

CB100-K5
Jenis motor Honda CB100 berikutnya adalah CB100-K5. Jenis motor CB yang satu ini terbilang sangat laris manis pada masanya. Konon katanya, motor CB100-K5 ini di produksi tahun 1981 sampai dengan tahun 1985.
Dan yang membedakan CB100-K5 dengan jenis motor Honda CB100 yang lainnya adalah terdapat logo Honda yang terlihat lebih menonjol dan gagah.
Untuk warnanya sendiri dominan warna merah dengan perpaduan warna perak pada bagian selebor depan dan belakang. Dengan warna tersebut, membuat tampilan CB100-K5 ini terlihat lebih elegan. Dan jenis inilah yang paling di cari oleh kalangan biasa maupun para kolektor motor antik.
Kompresi : 9,5:1
Power : 11,5 HP @10.500 RPM
Bore x Stroke : 50,5 x 49×5 mm
Rem : – Depan : Tromol, Belakang : Tromol

CB100 N
CB100 N menjadi jenis motor Honda CB100 yang hadir dengan kapasitas mesin 99cc. Yang menjadi cirikhas lain dari motor ini adalah terdapat list yang melengkung di bagian tangki bensin.
Dan untuk ukuran tangkinya sendiri lebih besar daripada jok. Cirikhas lainnya juga terlihat pada bagian stang, yang terlihat lebih runcing dari jenis lainnya.
Kompresi : 9,5:1
Jenis Mesin : 4 tak 1 silinder
Power : 11,5 HP @10.500 RPM
Bore x Stroke : 50,5 x 49×5 mm
Top Speed : 110 km
Rem : – Depan : Tromol , Belakang : Tromol

Itu tadi Jenis Motor Honda CB100 Yang Beredar Di Indonesia yang paling banyak diincar oleh para kolektor di Indonesia maupun luar negeri. Sebagian besar jenis motor tadi diproduksi pada tahun 70-an.

Itu artinya usia motor CB100 sudah lebih dari 40 tahun. Walau demikian dari waktu ke waktu eksistensi motor CB tidak pernah padam. Bahkan dari waktu ke waktu jumlah peminatnya pun juga terus mengalami peningkatan. Jadi apakah kamu salah satu peminat motor CB100?