Perbedaan GL Max dan GL Pro

Hallo sobat Wheel Story, kabar baikkan, kita ketemu lagi gaes di blog andalan pecinta motor tua menolak timbang,..hehe..kali ini coba kita ulas mengenai apa Perbedaan GL Max dan GL Pro, karena kita ketahui honda motor pernah mengeluar kan variant GL Series yang mana dua diantaranya adalah GL Max dan GL Pro.

Sebenarnya dari nama sudah beda nih, ada yang max dan ada yang pro, max mungkin idiom dari maximal dan pro disini adalah profesional, buset ..dari nama sudah bisa di tebak motor ini punya performa yang tidak bisa di anggap enteng dulu di zamannya.

Tapi kalau kita beranjak ke bagian body, kedua jenis motor ini hampir mirip sekali, akan tetapi jika kita mau teliti ada beberapa perbedaan diantaranya,…ada jaraklah pasti.

Baiklah, coba kita ulas apa perbedaannya

1. Spesifikasi mesin.
terdapat perbedaan pada bagian kapasitas mesin, jika pada gl max berkapasitas 125 cc maka di gl pro memiliki kapasitas 145 cc, ada gap sampai 20 cc, kalau di ajak ngebutan dengan kapasitas mesin standar itu, jelas gl pro lebih unggul, lain halnya kalau sudah di korek mesinnya, dan selain kapasitas mesin, pada bagian daya maksimum yang di hasikan juga ada perbedaan, di gl max ber daya maksimum 14.0 horse power di putaran mesin 7500 rpm, sedangkan pada gl pro masih lebih tinggi yaitu 16.5 horse power pada putaran mesin 8500 rpm, lalu di bagian bore x stroke juga memiliki perbedaan yaitu 65.5 x 49.5 mm dan pada gl pro 61 x 49.5 mm, dengan perbedaan diameter tengah tempat bertenggernya piston pantasan saja gl pro punya cc yang sedikit lebih besar.

2. Kaki-kaki motor.
Maksudnya disini yaitu bagian roda dan jarak sumbu roda, di gl max menggunakan diameter ban 2.50-18 untuk ban depannya dan 3.00-18 untuk ban depannya sedangkan pada gl pro menggunakan ukuran ban 2.75-18 untuk ban depan sedang 3.00-18 untuk ban belakang, selain itu juga jarak sumbu roda juga berbeda, di gl max berjarak sumbu 1275 mm sedang pada gl pro 1285 mm.

3. Berat motor.
Untuk berat juga memiliki perbedaan walaupun tidak terlalu mencolok, hanya beda 2 kiloan yaitu di gl max berberat kosong 102 kilo gram sedang di gl pro sedikit lebih ringan cuma 100 kilo gram

4. Warna dan striping motor.
Sebenarnya untuk bagian ini sih tidak terlalu penting-penting amat, karena sam sekali tidak mendukung performa motor diatas jalan

Ok gaes .. demikianlah Perbedaan GL Max dan GL Pro, semoga bisa menambah pembendaharaan pengetahuan kita tentang permotoran honda all series…

 

Salam

Harga dan Spesifikasi Honda Gl 125 Series

Hallo sobat seduluran saklawase,..ahahyy..sebenarnya sih saya begitu kurang fasih mengucapkannya maklum asinya bukan wong jowo, tapi demi persahabatan apasih yang tak bisa, ok sobat sekalisn sekarang kita membahas mengenai Harga dan Spesifikasi Honda Gl 125 Series, variant ini adalah lanjutan dari Honda CB Series yang sudah lebih dulu wara wiri di lintasan jalan beraspal di dunia.

Honda GL 125 ini di launching di kisaran tahun 1979, hemmm..masih dekat2 bangat tahun lahirnya sama kakaknya yah yang cb 100, ini sih akibat ndak pakai kb,..hahaha..(bercanda soub), ok kita lanjut.

Variant ini ketika pertama kali rilisnya dari tahun 1979 sampai dengan tahun 1981 masih memiliki desain yang sangat mirip dengan sang kakak Honda Cb 100, seperti lampu spedo yang bulat, kaca spion yang berbentuk bulat,lampu depan yang sama dengan model lampu depan cb 100 yang bulat klasik itu, serta di bagian lampu-lampu sein dan walaupun di bagian pengeraman sudah menggunakan sistem cakram, tapi masih manual yaitu pakai kabel kayak orang tarik kopleng begitu.

Lalu di tahun berikutnya lebih tepatnya di tahun 1982, diadakan perubahan besar-besaran pada Honda GL 125, melepeas semua image cb 100, seperti lampu depan yang menjadi lampu utama berbentuk kotak, lalu spedo juga berbentuk kotak, kaca spion pun berbentuk kotak, bahkan lampu spion pun berbentuk kotak (kayaknya pendesain honda gl 125 ini suka sama yang kotak2 yah )…tapi walapun sudah mengalami perubahan dari desain body pada sistem pengapian masih sama dengan pendahulunya cb 100 yaitu sistem platina, nanti setelah tahun 1985 baru gl 125 memiliki sistem pengapian CDi.

Secara pabrikasi memang motor ini sudah di hentikan, bahkan di zaman sekarang saja suku cadang aslinya sudah susah untuk di dapatkan, jangan yang asli, yang imitasi saha hampir tidak ada, tapi itu bukan berarti motor ini lantas mati, justru di zaman sekarang ini motor ini menjadi salah satu ikon para penggila roda dua khususnya yang beraliran klasik, para pecinta motor ini mengakalinya dengan menggunakan suku cadang dari variant motor honda diatasnya dari variant gl pro, gl max atau dari tiger.

Untuk lebih jelasnya lagi silahkan simak tabel Harga dan Spesifikasi Honda GL125 di bawah ini

Harga dan Spesifikasi Honda GL125
TipeGL125
Mesin1 silinder OHV pendingin udara
Bore X Stroke56,5 x 49,5 mm
Sistem Bahan BakarKarburator
TransmisiManual 5 Speed
Wheelbase1200 mm
Panjang1900 mm
Lebar735 mm
Tinggi1017 mm
HargaRp. 4.500.000 (bekas standar)

Salam
Terimakasih sudah membaca informasi mengenai Harga dan Spesifikasi Honda Gl 125 Series

Perbedaan GL Pro Neotech dan GL Max Neotech

Perbedaan GL Pro Neotech dan GL Max Neotech – Seakan tak ada matinya, pabrikan motor asal jepang ini dengan merk Honda sudah merajai pangsa pasar kendaraan roda dua di Indonesia sejak puluhan tahun lalu, bahkan sejak saya belum lahir saja motor dengan merk berlambang sayap ini sudah merajalela di jalan-jalan disetiap kota di tanah air, tak terkecuali itu di kota ku.

Dimulai dari kelas bebek hingga kelas tangki yang berkapasitas bahan bakar minyak lebih besar, dan sudah hampir ada sampai belasan variant dan series yang telah dikeluarkan termasuk itu GL Pro Neotech dan GL Max Neotech.

Dua variant yang saya sebut ini, adalah variant motor honda yang pernah merajai jalan-jalan di tanah air kisaran tahun 90 an hingga awal tahun 2000 an, dan walaupun secara produksi telah di hentikan tapi itu bukan berarti ke jenis motor honda ini tidak seliweran lagi di jalan-jalan, terbukti sampai detik ini saja kuda besi ini masih tetap eksis.

Secara kasat mata antara ke dua janis variant ini, hampir sama mulai dari bentuk dan terkadang ada warna maupun striping yang sama, akan tetapi jika kita mau jeli dan teliti terdapat beberapa perbedaan yang sedikit mencolok, mulai dari tahun keluarnya yang berbeda 1 tahun di bagian dimensi body motor, dimana pada GL Pro Neotech memiliki panjang sampai 2034 mm, sedangkan pada GL Max Neotech memiliki panjang 1034 mm,…cukup signifikan memang perbadaan panjangnya, pertimbangan pabrik memberi perbedaan panjang mungkin karena faktor para pengguna yang menjadikan motor ini sebagai angkutan masal, mulai sebagai motor boncengan atau sebagai motor yang dipakai untuk memuat beraneka muatan lainnya yang butuh tempat lebih di jok motor.

Selain itu berdasarkan hasil penelusuran, pada GL Max Neotech sudah menggunakan bearing pada as nokennya sedangkan pada GL Pro Neotech belum menggunakannya, tapi entahlah saya sendiri belum memastikannya, selain itu dari cc mesin juga terdapat perbedaan, jika di gl pro neotech bercc 160 maka di gl max neotech ber cc 125.

Tapi menurut saya begini, perbedaan dari kedua jenis motor honda ini bukanlah sesuatu yang spesifik, toh di bagian pacunya masih memiliki jeroan yang sama, tinggal tergantung selera saja, oh iya di bagian striping warna juga terdapat sedikit perbedaan warna variasi, tapi seperti yang saya bilang itu tidak terlalu mempengaruhi performa dari motor ini, toh motor ini masih awet seliweran di jalan, selain itu harga jual dan harga beli dari motor ini hampir pasti tidak pernah stagnan alias tetap, berdasarkan yang saya amati harga jual dan harga belinya sangat kompetitif dipasaran, tidak kalah dengan motor dari merk pabrikan lainnya.

Demikianlah informasi Perbedaan GL Pro Neotech dan GL Max Neotech, jika anda punya informasi tambahan boleh komen di post ini, kita saling sharing soub.

Semoga membantu, salam 1 aspal.

Seduluran saklawase..hiyya…

Jenis Honda GL Yang Beredar di Indonesia

Jenis Honda GL Yang Beredar di Indonesia – Selain motor CB, Honda juga dikenal memiliki motor klasik lain yang tak kalah keren yakni Honda GL Series. Dirilis pada tahun 1970-an, motor yang satu ini dikenal memiliki mesin yang bandel dan tangguh untuk segala medan. Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin berbagi informasi kepada kalian semua tentang beberapa jeis Honda GL yang perlu kalian ketahui. Dengan begini, nantinya kalian bisa lebih paham mengenai jenis dan tahun dari motor tersebut sebelum membelinya. Baiklah tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Honda GL 100
Honda GL yang pertama kali dirilis oleh pabrikan sayap membentang ini adalah Honda GL 100. Jenis motor Honda yang satu ini pertama kali dirilis di Indonesia pada ahun 1979 silam. Perlu kalian ketahui, jika ini adalah motor perdana dari Tipe GL Series yang didukung dengan mesin CB100 didalamnya.

Pada saat ini, jenis Honda GL yang satu ini hadir untuk menemani saudara tuanya yakni varian CB100 guna menahan gempuran dari motor Yamaha RX100 dan juga Suzuki GP100 yang saat itu juga sedang dimasa jayanya. Yang menjadi nilai plus dari Honda GL Series ini adalah kedatangannya yang mengusung mesin 4 Tak, berbeda dengan dua kompetitornya yang masih menggunakan mesin 2 tak dan identic dengan kepulan asap putihnya. Setelah berusia 2 tahun di pasaran, Honda pun melakukan sedikit perubahan ringan pada desain Honda GL 100, dimana headlamp dirubah menjadi kotak, begitupun dengan panel speedometer serta kaca spion.

Honda GL 125
Sebenarnya, jenis Honda GL yang satu ini dirilis bersamaan dengan GL 100 yang ada diatas tadi. Namun yang membedakannya pasti kalian sudah bisa paham dari namanya, yakni motor ini hadir dengan menggunakan mesin yang lebih bertenaga yakni memiliki kapasitas 125cc.

Bisa dibilang jika penjualan dari GL125 ini memang sangat laris dipasaran, akan tetep sayangnya penjualan dari motor dengan CC besar dimasanya itu tidak bisa mengungguli saudaranya yakni GL100. Dan akhirnya, perjalanan dari motor ini pun tidak bisa bertahan lama, hanya ekitar 6 tahun sebelum akhirnya dimatikan pada tahun 1985 silam.

Akan tetapi saat ini, banyak sekali para penggemar motor classic yang sekarang mencari keberadaan dari motor ini, karena untuk mencari GL100 saat ini sangat sulit, dan kalaupun ada harganya pun sangat mahal sehingga mereka lebih memilih untuk membeli GL125 sebagai opsi.

Honda GL Max 125
Ada yang menyebutkan, jika jenis Honda GL yang satu ini resmi mengaspal dijalanan pada tahun 1983 silam. Sementara beberapa pihak lainnya menyeutkan jika pabrikan Honda pertama kali merilis Honda GL Max 125 ini pertama kali dirilis pada tahun 1985 silam.

Terlepas dari perbedaan pendapat mengenai kapan Honda GL Max 125 ini dirilis, yang pasti motor hasil revisi dari GL125 ini hadir dengan membawakan spesifikasi maupun konsep desain yang lebih menarik sesuai dengan trend ditahunnya.

Bodi motor ini oleh Honda dibikin menjadi lebi kekar, dengan kekuatan yang lebih dahsyat lagi dibandingkan pendahulunya. Tentu ini menjadi sebuah hal yang lumrah dilakukan oleh para pemilik pabrikan guna menggoda minat para konsumen nanti.

Saat itu, Honda sempat mengeluarkan beberapa varian dari GL Max 125 tersebut. Untuk versi pertama adalah varian Platina, selanjutnya dilanjutkan oleh GL Max CDI Engine, dan yang terakhir disusul oleh seri GL Max Black engine pada tahun 1987 silam.

Lalu pada pertengahan tahun 1990-an Honda sempat meluncurkan GL Max 125 Neotech, dimana motor ini memiliki mesin 4 tak, OHC, 124,1 CC, dan menjadi generasi terakhir dari GL Max hingga memasuki millennium ketiga.

Honda GL Pro
Selain menghadirkan seri GL Max 125, pada tahun 1980-an itu ternyata pabrikan Honda juga melakukan gebrakan lain yakni dengan meluncurkan Honda GL Pro. Kenapa disebut gebrakan? Karena motor tersebut hadir dengan menggunakan mesin yang sangat besar kala itu yakni 145cc.

Untuk generasi pertama dari jenis Honda GL yang satu ini mendapat julukan sebagai GL Pro White Edition yang mengaspal pertama kali pada tahun 1991. Motor ini hadir dengan keunggulan memoliki mesin yang tangguh untuk perjalanan jarak jauh.

Selanjutnya, pabrikan Honda meluncurkan GL Pro Black Engine, sesuai namanya motor ini hadir dengan menggunakan mesin berwarna hitam. Di impor langsung dari negara asalnya yakni Jepang, diklaim motor ini jauh lebih bertenaga dibandingkan dari seri sebelumnya.

Setelah itu pada tahun 1995, Honda GL Pro Neotech resmi mengaspal. Pihak Honda melakukan perombakan besar-besaran, dimana saat itu mesinnya dinaikkan menjadi 160cc. Dimana motor ini pun diklaim mampu mengeluarkan daya mencapai 14,7 HP dalam putaran 8.500 rpm.

Sayangnya, dengan peningkatan tenaga yang diberikan tak membuat GL Pro Neotech ini berumur panjang. Dimana motor ini pun mati pada tahun 1999, dan varian dari GL Pro Series ini digantikan oleh motor Honda lain yakni MegaPro.

Semoga informasi tentang Jenis Honda GL Yang Beredar di Indonesia, dapat membantu agan-agan sekalian.

Salam