Jenis Honda GL Yang Beredar di Indonesia

Jenis Honda GL Yang Beredar di Indonesia – Selain motor CB, Honda juga dikenal memiliki motor klasik lain yang tak kalah keren yakni Honda GL Series. Dirilis pada tahun 1970-an, motor yang satu ini dikenal memiliki mesin yang bandel dan tangguh untuk segala medan. Nah pada kesempatan kali ini, kita ingin berbagi informasi kepada kalian semua tentang beberapa jeis Honda GL yang perlu kalian ketahui. Dengan begini, nantinya kalian bisa lebih paham mengenai jenis dan tahun dari motor tersebut sebelum membelinya. Baiklah tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Honda GL 100
Honda GL yang pertama kali dirilis oleh pabrikan sayap membentang ini adalah Honda GL 100. Jenis motor Honda yang satu ini pertama kali dirilis di Indonesia pada ahun 1979 silam. Perlu kalian ketahui, jika ini adalah motor perdana dari Tipe GL Series yang didukung dengan mesin CB100 didalamnya.

Pada saat ini, jenis Honda GL yang satu ini hadir untuk menemani saudara tuanya yakni varian CB100 guna menahan gempuran dari motor Yamaha RX100 dan juga Suzuki GP100 yang saat itu juga sedang dimasa jayanya. Yang menjadi nilai plus dari Honda GL Series ini adalah kedatangannya yang mengusung mesin 4 Tak, berbeda dengan dua kompetitornya yang masih menggunakan mesin 2 tak dan identic dengan kepulan asap putihnya. Setelah berusia 2 tahun di pasaran, Honda pun melakukan sedikit perubahan ringan pada desain Honda GL 100, dimana headlamp dirubah menjadi kotak, begitupun dengan panel speedometer serta kaca spion.

Honda GL 125
Sebenarnya, jenis Honda GL yang satu ini dirilis bersamaan dengan GL 100 yang ada diatas tadi. Namun yang membedakannya pasti kalian sudah bisa paham dari namanya, yakni motor ini hadir dengan menggunakan mesin yang lebih bertenaga yakni memiliki kapasitas 125cc.

Bisa dibilang jika penjualan dari GL125 ini memang sangat laris dipasaran, akan tetep sayangnya penjualan dari motor dengan CC besar dimasanya itu tidak bisa mengungguli saudaranya yakni GL100. Dan akhirnya, perjalanan dari motor ini pun tidak bisa bertahan lama, hanya ekitar 6 tahun sebelum akhirnya dimatikan pada tahun 1985 silam.

Akan tetapi saat ini, banyak sekali para penggemar motor classic yang sekarang mencari keberadaan dari motor ini, karena untuk mencari GL100 saat ini sangat sulit, dan kalaupun ada harganya pun sangat mahal sehingga mereka lebih memilih untuk membeli GL125 sebagai opsi.

Honda GL Max 125
Ada yang menyebutkan, jika jenis Honda GL yang satu ini resmi mengaspal dijalanan pada tahun 1983 silam. Sementara beberapa pihak lainnya menyeutkan jika pabrikan Honda pertama kali merilis Honda GL Max 125 ini pertama kali dirilis pada tahun 1985 silam.

Terlepas dari perbedaan pendapat mengenai kapan Honda GL Max 125 ini dirilis, yang pasti motor hasil revisi dari GL125 ini hadir dengan membawakan spesifikasi maupun konsep desain yang lebih menarik sesuai dengan trend ditahunnya.

Bodi motor ini oleh Honda dibikin menjadi lebi kekar, dengan kekuatan yang lebih dahsyat lagi dibandingkan pendahulunya. Tentu ini menjadi sebuah hal yang lumrah dilakukan oleh para pemilik pabrikan guna menggoda minat para konsumen nanti.

Saat itu, Honda sempat mengeluarkan beberapa varian dari GL Max 125 tersebut. Untuk versi pertama adalah varian Platina, selanjutnya dilanjutkan oleh GL Max CDI Engine, dan yang terakhir disusul oleh seri GL Max Black engine pada tahun 1987 silam.

Lalu pada pertengahan tahun 1990-an Honda sempat meluncurkan GL Max 125 Neotech, dimana motor ini memiliki mesin 4 tak, OHC, 124,1 CC, dan menjadi generasi terakhir dari GL Max hingga memasuki millennium ketiga.

Honda GL Pro
Selain menghadirkan seri GL Max 125, pada tahun 1980-an itu ternyata pabrikan Honda juga melakukan gebrakan lain yakni dengan meluncurkan Honda GL Pro. Kenapa disebut gebrakan? Karena motor tersebut hadir dengan menggunakan mesin yang sangat besar kala itu yakni 145cc.

Untuk generasi pertama dari jenis Honda GL yang satu ini mendapat julukan sebagai GL Pro White Edition yang mengaspal pertama kali pada tahun 1991. Motor ini hadir dengan keunggulan memoliki mesin yang tangguh untuk perjalanan jarak jauh.

Selanjutnya, pabrikan Honda meluncurkan GL Pro Black Engine, sesuai namanya motor ini hadir dengan menggunakan mesin berwarna hitam. Di impor langsung dari negara asalnya yakni Jepang, diklaim motor ini jauh lebih bertenaga dibandingkan dari seri sebelumnya.

Setelah itu pada tahun 1995, Honda GL Pro Neotech resmi mengaspal. Pihak Honda melakukan perombakan besar-besaran, dimana saat itu mesinnya dinaikkan menjadi 160cc. Dimana motor ini pun diklaim mampu mengeluarkan daya mencapai 14,7 HP dalam putaran 8.500 rpm.

Sayangnya, dengan peningkatan tenaga yang diberikan tak membuat GL Pro Neotech ini berumur panjang. Dimana motor ini pun mati pada tahun 1999, dan varian dari GL Pro Series ini digantikan oleh motor Honda lain yakni MegaPro.

Semoga informasi tentang Jenis Honda GL Yang Beredar di Indonesia, dapat membantu agan-agan sekalian.

Salam

3 thoughts on “Jenis Honda GL Yang Beredar di Indonesia”

    1. iya, beberapa merek yang disebut itu masih eksis, thunder dari pabrikan suzuki sudah off produksi, sedang bajaj kayaknya tidak terlalu populer di Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *