Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100

Touring secara umum adalah kegiatan berpergian kesuatu tempat atau melakukan suatu perjalanan entah menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat, bahkan ada juga yang hanya dengan berjalan kaki, dan di blog ini kita akan membahas mengenai touring menggunakan sepeda motor khususnya motor honda cb 100, dan untuk itu kami akan sharing Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100.

Secara umum terdapat hal – hal yang harus dipersiakan untuk mendukung aktifitas tersebut,agar sekiranya seluruh agenda kegiatan bisa berjalan dengan baik, entah itu solo touring atau berombongan, karena akan menempuh perjalanan yang cukup jauh mungkin 100 km, maka harus mempersiapkan segala hal didalamnya yang mana itu antara lain.

Persiapan dari sisi kendaraan motor yang akan digunakan.

1. Kesiapan mesin, dan body motor.
Sebelum melakukan perjalanan jauh ada baiknya motor di cek terlebih dahulu, dimulai dari kondisi mesin motor, kalau belum ganti oli mesin maka segeralah mengganti dengan oli yang yang cocok dengan motor, setelah bagian pelumasan mesin dirasa sudah ok, cobalah berpindah ke mesin itu sendiri, dengan mencek suara mesin, apakah ada yang aneh dari suaranya atau jika ada yang harus diganti terlebih dahulu beberapa spart misalnya busi pembakaranya, pergantian rantai kecil, dan lain – lain

Kondisi motor yang prima adalah syarat wajib Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100, apalagi kita semua tau bahwa motor honda cb 100 tergoloang motor tua, maka butuh ekstra dalam memperhatikannya. Setelah bagian mesin selesai, coba berpindah ke bagian body dan kaki -kaki motor, cek kondisi ban luar motor, masih bagus atau tidak, tekanan udara dan ban juga bagian dari pemeriksaan tersebut, periksa rangka motor bagian luar, apakah ada yang tidak beres misalnya baut2-baut pengikat, baut dudukan mesin, standar motor, sistem peredam kejut, tangki motot bocor atau tidak, jok motor terpasang dengan baik atau tidak dan lain – lain.

2. Kelistrikan motor.
Bagian ini adalah bagian yang sangat penting, banyak para rider yang terlalu meremehkan, hingga akhirnya mereka menemui kendala saat melakukan perjalanan, seperti tiba – tiba motor mogok mendadak karena sistem pembakarannya rusak, karena perlu di ketahui semua bahwa sistem pembakaran pada kendaraan bermotor berawal dari aliran listrik yang di induksi di alat bernama busi yang akan memercikan bunga api di dapur pembakaran hingga akhirnya melahirkan tenaga, jika sistem ini tidak baik, sampai patah pinggang karena menstater motor, motor tak akan bisa bunyi, apalagi kita semua tau untuk kelas honda cb 100 sistem pengapiannya ,masih menggunakan platina, dan platina untuk sekarang ini sudah tidak produksi, maka perlu untuk migrasi sistem pengapian menggunakan sistem cdi, maka rubah dulu motor anda dari penggunaan platina menjadi penggunaan cdi.

Setelah masalah pengapian beres pindah ke bagian penerangan motor dan klakson, pastikan semua lampu motor menyala, saklar juga pastikan berfungsi dengan baik, weser depan dan kanan juga, sedikit tambahan cek koneksifitas rem dengan lampu rem yang ada dibagian belakang.

3. Aksesoris motor
Untuk menambak keseruan dalam aksi touring, kadang beberapa rider menambahkan beberapa aksesoris pendukung seperti, tambahan lampu sorot, klakson custom hingga ada yang memasang pemutar mp3 di motornya. Sejatinya perangkat-perangkat itu tidak perlu, hanya saja ketika memasangnya harus di pikirkan juga beban listrik di motor, nanti aki bisa cepat droup.

Termasuk juga kedalam aksesoris motor adalah penggunaan enggine guard, sidebag atau sideboks, perangkat terakhir saya sebut itu seperti perangkat wajib yang harus disediakan oleh rider sebelum melakukan touring, selain menambah elegant tampilan motor, juga bisa memberi ruang simpan yang banyak dan luas, pilihlah sidebag atau sideboks yang cocok dengan kontur body motor cb anda dan juga tentu saja disesuaikan dengan keuangan, dengan penggunaan sidebag atau sideboks kamu tak perlu repot membawa tas yang bisa memberatkan dan menyiksa badan saat mengendarai motor.

Setelah dibagian motor sudah tidak ada lagi masalah, kamu bisa lanjut dengan Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100 dari sisi rider.

Ada beberapa hal yang harus kamu siapkan.

1. Rencana yang baik.
Selalu berpikir positif bahwa agenda touring kami ini adalah untuk hal-hal yang baik, bersilaturahmi ke teman, menikmati alam, serta menghilangkan stress, bukan ke hal yang negatif dan lain sebagainya, dengan begitu saat touring kamu akan enjoy nantinya.

2. Persiapkan kesehatan mu
lakukanlah touring jika kondisi kesehatan memang sedang baik, kalau sakit jangan coba-coba ikut touring, selain akan merepotkan diri mu sendiri nanti, kamu juga akan merepotkan teman mu jika kegiatan touringnya itu rombongan, jadi sebelum berangkat ada baiknya kamu cek kesehatan dulu.

3. Persiapakan bekal untuk perjalanan
Terdiri dari beberapa lembar pakaian ganti, obat2 an, juga beberapa macam peralatan pendukung lainnya misalnya tenda, tikar, alat masak darurat, bahan2 makanan juga tak lupa tool kit untuk motor anda, paling tidak jika kerusakan nya kecil, bisa di perbaiki secara darurat, dan jangan lupa dengan pakaian yang akan di kenakan, setidaknya harus standar safety mengendari motor untuk jarak jauh, seperti jaket untuk touring sepatu dan kaos tangan.

4. Siapkan uang cash.
Ini sangat penting sekali, berangkat touring tanpa persiapan dana cash sama saja bohong, kalau rombongan kamu masih bisa pinjam ke teman tapi bagaimana kalau sendiri, kan epot jadinya.

Demikianlah rincian Persiapan Touring Sepeda Motor Honda CB 100, semoga membantu anda

Salam satu aspal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *